Kurikulum 2013, Banyak Kelemahan

blogfotoEdupost, Yogyakarta- Kurikulum 2013 yang akan diimplementasikan pada tahun ajaran 2013, dinilai oleh Dewan Pendidikan DIY masih memiliki banyak kelemahan. Ketua Dewan Pendidikan DIY, Wuryadi menemukan beberapa hal dari kurikulum 2013 yang perlu diperhatikan kembali oleh Kemendikbud.

Penyusunan kurikulum ini, lanjutnya, juga tidak berdasarkan evaluasi pelaksanaan kurikulum sebelumnya yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, sehingga ke depannya akan membingungkan para guru.

"Saat ini KTSP saja baru menuju uji coba, masih ada beberapa sekolah yang belum menerapkannya. Bagaimana mungkin menerapkan kurikulum baru tanpa evaluasi pelaksanaan kurikulum sebelumnya," tegasnya, dilansir dari Antara.

Pada kurikulum 2013, lanjutnya, pemerintah seolah memandang semua guru dan siswa memiliki kapasitas yang sama. Padahal kondisi guru dan siswa di tiap sekolah terutama di beberapa daerah banyak yang berbeda. Wuryadi juga melihat guru tidak dilibatkan dalam proses pengembangan kurikulum 2013.

Karena adanya beberapa kelemahan tersebut, Dewan Pendidikan DIY meminta pemerintah untuk mendesain ulang. "Desain ulang kurikulum 2013 perlu dilakukan dengan turut melibatkan guru, sebab guru menjadi unsur penting dalam kurikulum tersebut," tandasnya

(Edupost)

  1. Terkini
  2. Terpopuler

Terekomendasi