Kemendikbud Rekrut Instruktur Kurikulum Baru, Cukupkah ?

ilustrasi, Kurikulum 2013Edupost, Jakarta- Jelang penerapan kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merekrut 666 instruktur nasional untuk menjadi pelatih kurikulum 2013 kepada guru-guru inti yang selanjutnya akan mentransfer ilmunya kepada guru kelas.

Kepala Badan Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendikbud, Syawal Gultom mengungkapkan, instruktur nasional diambil dari kalangan dosen, widyaiswara, dan guru teladan yang memiliki catatan prestasi tingkat nasional.

Syawal menerangkan, para guru inti itu diambil dari masing-masing kabupaten dan kota dilatih di provinsi. Sekitar 40 ribu guru inti akan menerima pelatihan tersebut, sementara total guru kelas yang akan dilatih kurang lebih 700 ribu orang.

"Jadi satu kelas terdiri dari 40 guru kelas atau guru mata pelajaran, dilatih tiga guru inti," ujarnya.

Pelatihan guru kelas akan diadakan Juni 2013, saat libur sekolah, sementara satu kali pelatihan bisa dilayani 1.300 kelas. Pelatihan selama lima hari berturut-turut atau setara dengan 52 jam. "Guru inti dilatih sekitar bulan Mei, sedangkan instruktur nasional dilatih pada bulan April," ucap Syawal.

(Edupost)

 

  1. Terkini
  2. Terpopuler

Terekomendasi